Image

MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE

 a.    Pengertian Model Pembelajaran Take and Give

Model Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks, menuntut siswa mampu memahami materi pelajaran yang diberikan  guru dan teman sebayanya (siswa lain).

Kelebihan :

  1. Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa yang lain.
  2. Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan  penguasaan siswa akan informasi.

Kelemahan:

  1. Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat. 

 

B.     Media Model Pembelajaran Take and Give

  1. Siapkan Kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa.
  2. Setiap kartu berisi nama siswa, bahan belajar (sub materi) dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi.

C.    Langkah-langkah Umum

1.      Guru menyiapkan kelas sebagaimana mestinya.

2.      Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang sudah direncanakan selama 45 menit.

3.      Untuk memantapkan penguasaan siswa akan materi yang sudah dijelaskan, setiap siswa diberikan satu kartu untuk dipelajari (dihapal) selama 5 menit.

4.      Kemudian guru meminta semua siswa berdiri dan mencari teman pasangan untuk saling menginformasikan materi yang telah diterimanya. Tiap siswa harus mencatat nama teman pasangannya pada kartu yang sudah diberikan.

5.      Demikian seterusnya sampai semua siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).

6.      Guru mengevaluasi keberhasilan model pembelajaran take and give dengan memberikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).

7.      Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.

8.      Guru menutup pelajaran.

 

D.    Materi  Pembelajaran IPA yang Sesuai untuk Model Pembelajaran Take and Give

  1. Materi Pelajaran IPA kelas 5

Bab  I  Alat Pernafasan

Sub Materi : Alat pernafasan pada manusia

Bab II  Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sub Materi : Alat pencernaan pada manusia

Bab V Penyesuaian Diri Makhluk Hidup terhadap Lingkungannya.

Sub Materi : Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

  1. Materi Pelajaran IPA kelas 6

Bab 1 Ciri Khusus Makhluk Hidup

Sub Materi :  ciri khusus hewan terhadap lingkungannya.

Bab 4 Keseimbangan Ekosistem

Sub Materi : kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.

Bab 11 Energi dalam kehidupan Sehari-hari

Sub Materi : guna energi listrik dalam rumah tangga

 

E.     Alasan Pemilihan Materi  yang Sesuai

Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran take and give adalah materi yang mengandung informasi yang singkat, jelas dan padat. Hal ini dikarenakan   model pembelajaran ini lebih menekankan pada unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah serta membutuhkan pemahaman yang cepat. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.

Sehingga kami sepakat materi yang cocok untuk model pembelajaran ini adalah materi pada bab 1, 2, dan 4 pada buku IPA kelas 5 serta pada bab 1, 4 dan 11 pada buku IPA kelas 6, karena materi tersebut memiliki sub materi yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk dijelaskan kembali.

 

Contoh RPP untuk model pembelajaran take and give   :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

  1. A.      Identitas Mata Pelajaran

Nama sekolah                   : SD Mentari Pagi

Kelas                                : VI (Enam)

Semester                           : I    (Satu)

Mata pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam

Tema/pokok bahasan        : Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap

Keseimbangan Lingkungan

Jumlah pertemuan            : 1×35 menit

 

  1. B.       Standar Kompetensi
  2. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

 

  1. C.      Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi kegiatan  manusia yang  dapat mempengaruhi keseimbangan         

      alam (ekosistem). 

 

  1. D.       Indikator
  2. Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
  3. Menjelaskan usaha manusia untuk mencegah kerusakkan alam (ekosistem).

 

  1. E.        Tujuan Pembelajaran
  2. Siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).
  3. Siswa dapat memahami usaha manusia untuk mencegah kerusakkan alam.

 

 

  1. F.       Materi Pelajaran
  2. 8  kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
    1. Usaha manusia untuk mencegah kerusakan alam (ekosistem).

 

 

  1. G.      Alokasi Waktu

Waktu keseluruhan          : 1×35 menit

Pendahuluan                    : 5 menit

Pembelajaran inti : 23 menit

Penutup                            : 7 menit

 

  1. H.      Model/Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran: Take and Give
    2. Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Tanya Jawab
  • Pemberian Tugas

 

  1. I.       Media dan Sumber Belajar
  2. Media pembelajaran:
  • Kartu materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem dan usaha untuk mencegahnya.
  • Gambar pelengkap materi: gambar orang membuang sampah sembarangan, menebang pohon liar, berburu liar, polusi udara, dll.
  1. Sumber belajar:
  • Buku Sains Erlangga SD kelas VI semester I (hal 54-63)
  • Buku sains Erlangga SD kelas VI semester I (hal 53-56)

 

  1. J.         Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Kegiatan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Model

Pendidik

Peserta Didik

Kegiatan Awal

1. Guru membimbing siswa untuk berdoa, salam dan mengabsen siswa

 

2. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas

3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran

 

 

4. Memberi motivasi

 

  1. Siswa berdo’a, salam kepada guru dan mendengarkan guu mengabsen

 

  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru

 

  1. Memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-langkah pembelajaran

 

  1. Mendengarkan motivasi guru

5”

 

 

 

 

 

Klasikal

Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan materi tentang berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
  2. Guru melakukan tanya jawab multi arah pada siswa seputar kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekositem.
  3. Guru menanyakan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan.
  4. Guru mencoba mengetahui pemahaman siswa dengan memberikan kepada setiap siswa satu kartu yang berisi sub materi pelajaran untuk dipelajari oleh siswa.
  5. Kemudian guru meminta semua siswa berdiri dan menjelaskan pada siswa aturan pembelajaran yang akan dilakukan siswa.
  6. Setiap siswa harus mencari teman pasangan untuk saling memberi informasi mengenai materi yang sudah siswa terima.
  7. Setiap siswa harus mencatat nama teman yang telah diberi dan memberikan informasi. Kegiatan seperti ini dilakukan siswa sampai semua siswa selesai memberikan dan menerima informasi materi (take and give).
  8. Guru mengawasi dan mengarahkan jalannya kegiatan pembelajaran.

 

  1. Mendengarkan penjelasan guru.

 

 

 

 

 

  1. Berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan guru.

 

 

 

 

 

  1. Menjawab pertanyaan guru.

 

 

 

  1. Mempelajari, menghafal dan memahami masing-masing kartu yang telah diberikan guru.

 

 

 

 

  1. Memperhatikan peraturan yang dijelaskan guru.

 

 

 

 

 

  1. Menjalankan perintah guru untuk membacakan informasi yang dimiliki pada siswa lain.

 

 

  1. Bertukar informasi dan mencatat informasi dengan dan dari siswa lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Siswa aktif bertukar informasi.

 

1”

 

 

 

 

 

 

1”

 

 

 

 

 

 

 

1”

 

 

 

 

5”

 

 

 

 

 

 

 

 

2”

 

 

 

 

 

 

 

7”

 

 

 

 

 

 

5”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1”

Ceramah

 

 

 

 

 

 

Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Ceramah

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

 

 

 

Take and Give

 

 

 

 

 

Take and Give

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Take and Give

 

 

Kegiatan Akhir

  1. Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.
  2. Guru mengadakan evaluasi pada semua siswa agar dapat mengetahui keberhasilan model pembelajaran take and give. Guru memberikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
  3. Guru memberi penilaian terhadap jalannya pembelajaran yang sudah dilakukan.
  4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya mengenai materi Konduktor dan Isolator Panas.
  5. Guru menutup pelajaran. 

 

  1. Berdiskusi bersama.

 

 

 

 

  1. Mengajukan pesan yang dapat diambil dari proses pembelajaran yang sudah dijalani.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Memperhatikan penjelasan guru.

 

 

 

  1. Mendengarkan penjelasan guru.

 

 

 

 

 

  1. Siswa mendapat bekal ilmu.

2”

 

 

 

 

2”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1”

 

 

 

 

1”

 

 

 

 

 

 

1”

Diskusi

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

 

 

Klasikal

 

K.   Penilaian Hasil Belajar

1. Prosedur penilaian   : – proses

                                      – akhir

2. Jenis Penilaian         : – post-tes

  – afektif

3. Bentuk Penilaian     : – tulis uraian

                                      – produk (hasil diskusi)

4. Alat penilaian          : – lembar soal tulis dan kunci jawaban

                                      – rubrik penilaian dan pedoman penskoran

 

LAMPIRAN

  • Rangkuman materi
  • Soal tes tulis dan kunci jawaban
  • Rubrik penilaian dan pedoman penskoran
  • Kartu siswa
  • Gambar-gambar kegiatan manusia yang mempengaruhi ekosistem

            

                                

Mengetahui,                                                    Malang, 18 April 2013

Kepala SD  Mentari Pagi                                                   Guru Kelas VI                

 

 

 

 

 

   Mentari Ceria, S.Pd                                                     Embun Pagi, S.Pd

   NIP. 0987654321                                                        NIP. 1234567890

 

LAMPIRAN 

Soal Latihan dan Kunci Jawaban

a)      Item-item Pertanyaan

  1. Mengapa perburuan liar dilarang!
  2. Apa akibat dari perusakkan terumbu karang oleh nelayan nakal?
  3. Apa akibat dari pencemaran limbah industri!
  4. Tulislah akibat dari pencemaran kendaraan bermotor?
  5. Apa yang terjadi bila pengeboran minyak dilaut mengalami kebocoran pipa?
  6. Apa nama tempat yang khusus melindungi hewan yang dilindungi?
  7. Apa yang terjadi saat musim hujan jika dilakukan penebangan hutan liar?
  8. Tuliskan tiga contoh hewan yang sering diburu oleh manusia untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya!
  9. Mengapa menangkap ikan dengan bahan peledak dapat mengganggu keseimbangan alam?
  10. Tulislah apa yang kamu ketahui untuk usaha mencegah kerusakkan ekosistem?

 

b)     Kunci Jawaban

  1. Karena dapat menyebankan kepunahan hewan-hewan langka.
  2. Hilangnya ekosistem terumbu karang di dasar laut.
  3. Adanya polusi udara, pencemaran air dan kerusakan lingkungan sekitar industri.
  4. Terjadi polusi udara.
  5. Terjadi pencemaran dilaut, ekosistem ikan dan terumbu karang rusak.
  6. Suaka Marga Satwa
  7. Akan terjadi banjir dan tanah longsor.
  8. Harimau, Gajah, Burung Cendrawasih
  9. Dapat merusak ekosistem laut.
  10. Mencegah adanya polusi udara, mencegah kepunahan hewan langka, tidak merusak ekosistem laut, tidak membuang sampah ke sungai, dan tidak menebang pohon sembarangan.

 

 

LAMPIRAN

Rubrik Penilaian dan Kriteria Penskoran

 

a)      Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)

Nama siswa           : …………………………………………………….

Kelas/No absen     : …………………………………………………….

Aspek Penilaian

Deskriptor

Skor

Jurnal khusus perusahaan dagang

  1. Mampu menjelaskan pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus dalam perusahaan dagang
  2. Ketepatan menjawab pertanyaan dari guru mengenai jurnal khusus
  3. Ketepatan dalam mengerjakan tugas

 

 

              Kriteria Penilaian:

                          Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor

              tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.

              Skor maksimal 3 x 20  = 60

              Nilai                             = Skor perolehan x 100

                                                                                                60

              Skor maksimal             = 100

 

b)        Rubrik Penilaian Afektif

Nama siswa           : …………………………………………………….

Kelas/No absen     : …………………………………………………….

No.

Aspek Penilaian

Deskriptor

Skor

1

Kehadiran

Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu

 

2

Partisipasi dalam kelas

  • Antusian dalam mengerjakan semua tugas
  • Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat

 

3

Penyelesaian tugas

  • Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
  • Dapat melaksanakan tugas tepat waktu

 

 

 

              Kriteria Penilaian:

                          Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 100.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Kartu untuk Siswa

 

 

KARTU SISWA

 
 

 

Nama Siswa       :

 

Sub Materi         :  Penebangan dan pembakaran hutan

o   Didalam hutan hidup berbagai macam hewan

o   Manusia menebang pohon untuk dimanfaatkan batang kayunya.

o   Manusia suka membakar hutan untuk membuka lahan pertanian atau lahan perumahan.

o   Perusakan hutan menyebabkan tanah hutan menjadi tandus.

o   Penebangan hutan menyebabkan  banjir

 

Nama Yang Diberi

1.

2.

3.

4.

5.

dst